Teluk Kiluan Lampung – Lumba-lumba dan Pulau Kelapa, Surga Dunia di Lampung

66

Gowespedia – Bingung mau kemana untuk mengisi liburan panjang kali ini ? ingin merasakan nuansa yang agak berbeda? Sesekali mau keluar jawa ? Nah, Teluk Kiluan adalah salah satu destinasi bersepeda pilihan yang akan kita bahas kali ini.

Teluk Kiluan adalah sebuah kawasan wisata alam eksotis yang terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan, Sumatera atau berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung.Tempat ini menarik bukan hanya karena keindahan pantai dan lautnya yang memukau, tetapi juga karena merupakan salah satu tempat berkumpulnya kawanan lumba-lumba cantik.

Yang menarik, jenis lumba-lumba yang ada di sini berbeda dengan yang biasa kita lihat di Pantai Lovina, Bali, yaitu lumba-lumba hidung botol.

Teluk ini menyuguhkan pemandangan hamparan pasir putih yang indah, yang serasi dengan jernih kebiruan lautnya.Tidak jauh, di depan pandangan mata, anda akan disapa dengan nyiur yang melambai dari Pulau Kelapa atau biasa juga disebut Pulau Kiluan. Sebuah pulau kecil yang berada di tengah teluk. Benar-benar surga dunia, maka ikmat Tuhanmu mana lagi yang hendak kamu dustakan ?

Keseruan Apa yang bisa kita lakukan di Teluk Kiluan ?

Selain bermain di hamparan pasir putih, anda juga dapat berenang dan menikmati bawah laut teluk Kiluan dengan snorkeling. Masukan juga jadwal untuk melihat atraksi lumba-lumba pada pagi hari pukul 6 sambil menikmati sarapan dan sekitar pukul 10. Untuk melihat lumba-lumba, selain dari pantai, lebih mengasyikan bila melihatnya dari atas perahu jukung (sejenis perahu kecil) yang bisa anda sewa dengan tarif antara 250-300 ribu Rupiah (bergantung kemampuan anda menawar dan peak season).

Belum ada Listrik PLN

Keindahan Teluk Kiluan sayangnya belum didukung maksimal oleh pemerintah. Di lokasi ini belum dialiri listrik, sehingga masyarakat biasanya mengandalkan genset untuk penerangan. Selain itu, sinyal telepon genggam juga masih relatif sulit dijangkau di sini. Untuk itu, kami sarankan anda untuk membawa power bank atau baterai cadangan agar tidak kehilangan kesempatan mengabadikan momen berharga.

Penginapan

Ada beberapa tempat penginapan sederhana dan nyaman yang bisa disewa dengan biaya sewa per kamarnya berkisar antara Rp 150.000,- hingga Rp 300.000,-. Biasanya biaya penginapan tidak termasuk makanan. Selain di penginapan, mendirikan tenda di sepanjang pantai juga tidak kalah seru loh.

Kuliner Khas Teluk Kiluan

Di Sini, anda akan disuguhkan adalah hidangan Khas Lampung, seperti pepes ikan dan sambal durian

Akses transport dan Kondisi Jalan Menuju Teluk Kiluan

Teluk Kiluan berjarak sekitar 80 kilometer dari Bandar Lampung dan waktu tempuhnya sekitar tiga hingga empat jam perjalanan bila menggunakan kendaraan bermotor.

Secara umum kondisi jalan cukup menantang, dengan kontur jalan seimbang antara tanjakan dan turunan (rolling), namun perlu diwaspadai banyaknya jalan yang rusak dengan makadam, lumpur dan batuan lepasan. Tidak perlu memaksakan buru-buru, karena tentunya pesepeda akan sering menuntun sepedanya, khususnya di 7km terakhir.

Transportasi dari Jakarta

Agar bisa menghemat waktu dan tenaga, anda disarankan menggunakan kapal Ro-ro Mutiara Timur 1, baik dari Pelabuhan Tanjung Priok, maupun dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Panjang-Lampung yang saat ini dilayani oleh tiga kapal dengan operator PT Atosim Lampung Pelayaran (APL) yang berangkat secara berjadwal pukul 08.00, 16.00 dan 24.00 WIB dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Panjang, Lampung. Biaya yang anda keluarkan cukup murah, hanya Rp. 55ribu/orang atau Rp.90rb/orang dengan kendaraan atau sudah termasuk sepeda.

Mahalkah ?

Ternyata tidak cukup terjangkau berwisata ke Teluk Kiluan. Untuk sampai ke sini, anda hanya perlu menanggarkan antara 500 – 1juta Rupiah saja per-orang. Bila dihitung-hitung secara sederhana, berikut adalah anggaran yang bisa djadikan rujukan.

  • Tiket Kapal Tanjung Priok – Panjang – Tanjung Priok PP Rp. 90 x 2 = 180rb
  • Patungan Sewa Perahu untuk lihat lumba-lumba (1 perahu 3 orang) Rp. 100rb
  • Patungan Sewa Penginapan (dibagi 3 orang) Rp. 100rb
  • Makan 2 hari @20rb x 3 kali x 2 hari Rp. 120rb
  • Total Rp. 500rb

Tips Hemat dan Lancar

  • Hindari jajan berlebihan
  • Cari tumpangan Truk yang searah
  • bawa ban dalam cadangan setidaknya 2
  • bawa peralatan servis sepeda pribadi
  • bawa cukup air minum
  • Bawa Ban Offroad. Ban jenis ini akan berguna untuk berjalan-jalan di pantai dengan sepeda karena ban jalan raya tentu akan sangat sulit digunakan di pasir pantai
  • Jangan tinggalkan sholat (bagi Muslim)
  • Jangan lupa bahagia

Sumber gambar: google.com search image

(Syarifah/Red)