Review Rute Tour de Pangandaran 8

232
Tour de Pangandaran 7

Gowespedia – Sudah siap untuk mengikuti event bersepeda tahunan Tour de Pangandaran 8 yang akan digelar pada 22 April 2017 ? Mungkin ada baiknya kita mengetahui rute perjalalanan, kondisi jalan dan keseruan apa saja yang akan kita lalui dalam TDP8 yang menempuh perjalanan sejauh 107KM mulai dari titik START di Plasa Telkom Tasikmalaya sampai Pantai Pangandaran.

Tour de Pangandaran 7
Tour de Pangandaran 7

Baca juga:Mau Touring Sepeda ? Pastikan ini ada dalam Daftar Bawaan Anda

Rute TDP8 akan melalui jalur Cimaragas (Tasikmalaya-Cibeureum-Manonjaya-Cimaragas-Banjar-Pangandaran) dengan kondisi arus lalu lintasnya yang relatif tidak ramai, berbeda dengan jalur Ciamis yang ramai dengan kendaraan karena merupakan jalur lintas provinsi.
Setelah bendera start dikibarkan, pesepeda akan menempuh etape pertama sejauh 40KM. Bersepeda dalam meninggalkan kota Tasikmalaya menuju Kota Banjar. Pastikan untuk tetap berada dalam barisan, karena akan ada beberapa persimpangan yang cukup padat dan agar tetap semangat. Pada etape ini pesepeda akan disuguhi oleh keramahan masyarakat dan keceriaan anak-anak sekolah yang menyapa di pinggir jalan seraya menyemangati. Perjalanan tidak terlalu melelahkan dan akan ditempuh dengan durasi sekitar 1,5 jam, dengan rute yang cenderung menurun dan sejuk. Pesepeda akan menemui tanjakan ringan dengan derajat kemiringan sekitar 20 derajat yang disusul dengan turunan panjang yang akan membuat sepeda meluncur dengan kecepatan antara 35-45KM/jam, jadi pastikan berhati-hati dan sistem pengereman dalam keadaan prima. Karena beberapa turunan menikung tanpa pembatas di sisinya menghadap langsung ke jurang. Untuk urusan santai, minum dan makan, di sepanjang etape ini banyak penjual makanan dan minuman.

Tanjakan Tepung Kanjut Banjar

Masih di etape pertama, 5 KM memasuki kota Banjar, kita akan disuguhi Tanjakan Tepung Kanjut yang masuk dalam keseruan pertama di TDP8. Tanjakan Tepung Kanjut secara keseluruhan sepanjang 300 meter yang diawali dengan tanjakan landai dan diakhiri dengan tanjakan tajam menikung ke kiri yang sangat signifikan di akhir tanjakan. Banyak hal yang menyenangkan di tanjakan ini, selain turunan panjang setelahnya, di muka jalan pesepeda akan disemangati oleh spanduk-spanduk lucu, tim dokumentasi yang akan mengambil gambar perjuangan dan tentunya warung-warung di akhir tanjakan bila ingin santai sejenak melepas lelah.

Check Point Tour de Pangandaran

Setelah bertarung di tanjakan Tepung Kanjut dan melahap turunan panjang, kira-kira 20KM kemudian atau antara pukul 11-12 siang, pesepeda akan sampai pada Check point pertama di Toserba Samudera Banjarsari. DI sininilah makanan akan dibagikan dan pesepeda dapat beristirahat sejenak.

Setelah beristirahat dan makan untuk membangkitkan kembali stamina, perjalanan akan dilanjutkan dengan rute yang datar. Meski datar, tetap pesesepeda akan diuji ketahanannya terhadap panasnya bersepeda di tengah hari. Tenang saja, ada banyak warung dan masjid yang dapat anda jadikan tempat beristirahat dan sholat. Pastikan anda tidak kurang minum.
Bila merasa sudah tidak sanggup, setelah checkpoint pesepeda dapat meminta diangkut ke mobil evakuasi yang sudah disediakan panitia atau bahkan terpaksa dievakuasi paitia bila dianggap tidak sanggup, terlalu lambat dan jauh tertinggal.

Tanjakan Emplak – Karang Nini 

Perjalanan datar akan berakhir di pintu masuk Tanjakan Emplak, pesepeda dapat sejenak beristirahat dan bercengkrama menikmati kudapan dan minum. Ada baiknya mengisi perbekalan air yang bisa di beli di warung atau minimarket di sini.

Di depan, Tanjakan Emplak yang berkelok-kelok sejauh hampir 3 KM dengan kemiringan mencapai 30 derajat sudah menanti pesepeda. Ingat jangan memaksakan, ada baiknya beristirahat bila sudah kelelahan.

Tanjakan Emplak akan berakhir dengan jalan menanjak ringan sampai ke Perempatan Karang Nini. Sebagaimana pepatah, di mana ada kesulitan pasti ada kemudahan, di mana ada tanjakan, pasti ada turunan. Ya, setelah itu bersiaplah menikmati bonus turunan panjang sampai ke dekat pangandaran. Harap berhati-hati, mengingat jalan yang banyak lubang dan mobil yang berjalan dari arah depan, serta lagi-lagi pastikan sistem pengereman anda dalam kondisi baik sebelum turunan.

Pada ujung turunan Karang Nini, jalan relatif datar yang sesekali dihiasi dengan kontur naik turun sampai titik Finish di Pantai Pangandaran. Warung dan mini market ada di sisi jalan bila anda ingin kembali beristirahat sejenak.

Selamat, anda telah lulus Tour de Pangandaran 8. (Red/masaryo)

sumber foto: Panitia, Bike to work Indonesia