Mau Touring Sepeda ? Pastikan ini ada dalam Daftar Bawaan Anda

205

Gowespedia– Meski harus bersepeda dengan jarak yang jauh nan penuh tanjakan, serta cuaca panas yang ekstrim, bersepeda Touring jarak jauh atau kerennya disebut Long Distance Cycling adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Setiap kayuhan dinikmati hingga sampai ke tujuan yang hendak dicapai. Ketika sampai rasa lelah hilang seketika,
berganti dengan rasa senang dan puas, ditambah indahnya panorama lokasi yang dituju.

Untuk benar-benar bisa menikmati touring sepeda yang nyaman. Anda perlu menyiapkan diri dengan berlatih secara rutin, mengenali rute dan medan yang akan dilalui, mempersiapkan sepeda agar layak jalan, menyiapkan perbekalan dan akomodasi, serta tidak ketinggalan peralatan penunjang. Teman-teman, berikut adalah peralatan wajib apa saja yang wajib ada dalam daftar bawaan anda sebelum touring sepeda :

Daftar peralatan yang dibawa untuk touring sepeda dan bike camp
Daftar peralatan yang dibawa untuk touring sepeda dan bike camp

1. Tool Set Sepeda
Biasanya dijual dalam bentuk paket mini yang berisi oben – dan +, kunci-kunci heksa (kunci L) yang umum digunakan di sepeda, dan kunci inggris. Bahkan ada juga yang dilengkapi dengan kunci pembuka rantai. Kunci set ini jelas penting untuk memasang atau sekedar mengencangkan bagian sepeda yang kendor atau lepas.

2. Pompa Ban Sepeda, Ban Cadangan, dan Alat Tambal Ban
Harus disiapkan, karena kita mungkin tidak selamanya ada di wilayah perkotaan atau dekat dengan tempat di mana bisa menambah angin dan mengganti ban. Idealnya minimal bawalah 2 ban dalam baru dan alat tambal ban. Apalagi jika anda menggunakan ban yang tidak umum seperti ukuran 27.5, 29″ atau 700c yang belum tentu tersedia di toko sepeda terdekat. Usahakan menyimpan ban yang bocor selama perjalanan, jangan langsung dibuang. Karena kita tidak akan tau apakah berikutnya ban dalam kita bocor atau malah meledak. Dengan menyimpan, kita punya cadangan lebih kan.

3. Tali temali dan Kabel Ties

Kalau tali pasti sudah tau ya, bagaimana dengan kabel ties? kabel ties adalah benda plastik yang biasa digunakan untuk menggabungkan kabel . Ini penting untuk digunakan dalam keadaan darurat untuk mengikat bagian yang terlepas.

4. Kampas Rem dan Tali/kabel Rem

Kampas Rem Cantilever

Bila anda menggunakan rem model vbrake atau cantilever, pastikan anda membawa kampas rem dan kabel rem minimal 2. Khususnya bila cuaca sedang hujan. Kondisi hujan biasanya membuat kampas rem lebih cepat habis, karena kampas rem bergesekan bersama rim dan pasir. Bila pakai rem disk hidrolis, pastikan juga bawa selang kabel dan minyak hidrolisnya, sebagai antisipasi dari kemungkinan bocor di selang hidrolis.

5. Kabel/Tali Shifter
Meskipun jarang terjadi, tapi bawalah cadangan sebagai antisipasi.

6. Kunci Rantai dan Quick Release Rantai

Terkadang ada kondisi di mana rantai putus atau lepas. Terkadang kita masih beruntung bila hanya lepas rantai, bagaimana bila ada pin yang hilang ? rantai modern saat ini biasanya menggunakan model quick release sehingga mudah untuk dilepas pasang. Kunci rantai penting untuk membuka dan memasang kembali rantai sepeda. Mengapa penting ? tidak hanya digunakan ketika rantai lepas/putus, kunci rantai juga digunakan dalam keadaan darurat, misalnya saat Rear Derailleur (RD) rusak/patah dan kita terpaksa memotong rantai untuk menjadikannya single speed.

7. Minuman dan Makanan
Bawalah air minum lebih dari 2 botol dan makanan berenergi. Untuk makanan yang cukup berenergi untuk kegiatan ini misalnya pisang, kurma, dan gula merah, serta cokelat.

8. Perlengkapan Tidur
Saat kehabisan dana untuk menginap, mungkin anda bisa membangun bivak sederhana dengan menggunakan jas hujan ponco atau flysheet, atau bila diizinkan beristirahat di masjid atau di halaman depan ruko anda setidaknya membutuhkan matras. Matras untuk kemping ini bisa dibeli di toko peralatan kemping dan militer. Kalau ada dana lebih mungkin bisa juga beli sleeping bag. Kemudian bila memang tujuannya bike camp, tentu lebih nyaman menggunakan tenda kecil atau mungkin hammock untuk bergantung di pohon.

9. Pakaian Ganti dan Peralatan Sholat
Untuk menjaga diri tetap bersih dan sehat, usahakan mengganti baju. Dan jangan lupa sholat bagi anda yang beragama Islam. Untuk itu pastikan pakaian ganti dan peralatan sholat ada dalam bawaan.

10. Kamera dan Baterai Cadangan
Katanya No Pics = Hoax, nah pastikan anda bawa kamera atau baterai cadangan atau powerbank agar tidak kehilangan momment berharga anda saat touring ya.

Biasakan untuk tidak bergantung pada yang lain yah. Salam gowes !