Tutorial Cara Service Shifter Shimano Sendiri di Rumah

255
Servis shifter shimano deore lx di rumah gs 200
Servis shifter shimano deore lx di rumah

Gowespedia – Seiring pertumbuhan trend bersepeda turing dan sepeda klasik di Indonesia. Penghobi sepeda sekarang mulai berburu dan mengkoleksi sepeda klasik antik (vintage) mulai dari sepeda klasik lokal, sampai dengan sepeda klasik buatan luar, mulai dari yang murah sampai yang sangat mahal dengan groupset tercanggih di zamannya. Sepeda klasik dinilai mahal di apabila dapat menjaga orisinalitasnya. Cat asli dan komponen asli.

Nah, karena faktor usia, penyimpanan, karat dan perawatan yang kurang baik, bisa saja komponen sepeda tidak dapat berfungsi maksimal atau bahkan rusak. Memang beberapa komponen tua tersebut masih dapat dicari penggantinya, baik dalam keadaan bekas ataupun dalam keadaan baru-stok lama (New old stock). Tapi harga komponen tersebut mungkin saja akan menjadi sangat mahal karena langka.

Secara umum masalah gagal shifting atau ngelos atau tidak mau mengunci disebabkan karena keausan pelumas pada kedua gigi pengunci pegas mekanik di dalam shifter. Sehingga gigi pengunci pegas / triger tidak dapat bergerak lancar untuk membuka dan mengunci roda gigi penggulung kabel shifter.

Hal yang unik pada kasus Shifter Shimano Total Integration (STI) yang kami perbaiki, setelah diperiksa (dibongkar) ternyata di dalam housing shifter yang bermasalah dipenuhi oleh semut yang bersarang beserta suteranya. Kondisi shifter dalam keadaan kering dan gigi pengunci macet.

Sahabat, kami akan berbagi sedikit tentang pengalaman memperbaiki shifter Shimano Total Integration (STI) 7×3 Speed dan Deore LX ST-565 yang tidak bisa shifting (tidak mau mengunci shift). Dalam tulisan ini kami menggunakan gambar untuk Deore LX ST-565. Untuk memperbaiki shifter shimano siapkanlah pelumas rantai/chainlube, WD40, obeng, pinset/semisal. Yuk langsung kita coba

1. Buka Chashing Shifter

Setelah dibuka cashing penutup shifter, anda akan melihat rangkaian mekanis shifter yang terdiri dari gir penggulung kabel shifter, dan gir pengunci/triger shifting.

2. Gerak-gerakkan Gir Pengunci/Triger Shifting 

Bersihan dengan pinset atau obeng kotoran yang mungkin mengganjal gir pengunci (bagian yang disentuh ujung obeng). Gerak-gerakkan dengan cara mencongkel berkali-kali. Shifter yang lama tidak dipakai yang ditaruh di luar ruang gudang lembab biasanya mengalami macet dan kotor.

3. Bersihkan Gir Mekanis dengan WD40 

Kotoran dan sisa grease / pelumas yang dulu pernah ada dan bercampur dengan kotoran adalah penyebab macetnya gir pengunci / triger shifting. Untuk itu anda perlu membersihkannya dengan cairan degreaser seperti WD40. Semprotlah secara merata, sambil memainkan tuas shiter dan menggerakan gir pengunci shifter berkali-kali.

Terus gerak-gerakkan gir pengunci shifting sampai dirasa sudah bisa bergerak lancar

4. Lumasi dengan Chain Lube dan Terus Gerak-gerakan gir pengunci shifting dan tuas shifting sampai lancar 

Lumasi dengan Chain Lube dan Terus Gerak-gerakan gir pengunci shifting dan tuas shifting sampai lancar dan bisa mengunci/bisa shifting dengan benar.

Selamat mencoba.

(masaryo/red)