Cara Lepas Seatpost Macet di Frame Sepeda

270

Seatpost macet adalah masalah yang paling umum ditemukan ketika akan merestorasi sepeda besi tua seperti Federal, Master, Silver Fox, Kuwahara dan lain sebagainya yang dalam waktu yang lama tidak dinaik turunkan.

Secara umum ada dua penyebab utama seatpost macet: Pertama, seatpost salah ukuran (lebih besar) dipaksa masuk ke seatube yang lebih kecil; kedua karena proses kimiawi yang disebabkan karena korosi atau karat. Nah dalam kasus sepeda besi, paling umum disebabkan oleh karat pada seat tube.

Berikut adalah cara melepas seatpost macet yang ampuh digunakan yang kami himpun dari berbagai sumber  :

  1. Lepas semua parts dan baut yang menempel pada frame, sisakan frame dan seatpost yang macet saja. Ingat, lepaskan semua, bukan sekedar dikendorkan.
  2. Untuk seatposts baja/besi yang menempel pada frame besi karena karat. Maka anda dapat menyemprotkan minyak rem atau chain lube atau lebih baik menggunakan WD-40. Karena cairan ini bisa menembus celah-celah yang berkarat. Semprot sedikit demi sedikit secara rutin setidaknya sampai 3 hari.
  3. Putar seatpost dengan menggunakan saddle (gunakan saddel yang sudah tidak terpakai saja). Mintalah bantuan rekan anda untuk memegangi frame selama seatpost diputar. Bila keras bisa menggunakan kunci pipa.
  4. Bila Seatpost alumunium yang macet di frame besi. Biasanya lebih sulit diakali dengan pelumas/WD-40. Sebagian orang saat sudah lelah biasanya cenderung memilih memotong seatpost alumunium dan membuang sisanya dengan soda api.Ini juga berlku untuk kases stem yang macet.
  5. Bila sudah terlepas usahakan bagian sisa akarat di seattbe dibersihkan dan dilumasi.

semalat mencoba